Kamis, 23 Mei 2013

EKONOMI, KEUANGAN DAN KEPENDUDUKAN DI KANADA



Pendahuluan
Kanada sebagai salah satu negara maju di dunia memiliki ciri khas tersendiri dalam sistem ekonomi dan keuangan. Selain dalam hal kependudukan Kanada juga memiliki banyak etnis dan kultur yang beragam. Tulisan ini akan menjelaskan mengenai bentuk perekonomian dan keuangan Kanada serta kependudukannya.
A.    Ekonomi
Kanada memiliki sistem ekonomi yang hampir sama dengan Amerika yakni berorientasi pasar, pola produksi dan standar kehidupan yang mapan. Kanada menempati urutan kesebelas ekonomi terbesar dunia pada tahun 2011 dengan nominal GDP US$ 1,74 juta. Kanada merupakan anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dan G8, serta merupakan salah satu dari sepuluh negara-negara dagang utama dengan ekonomi yang sangat global. Kanada menganut sistem ekonomi campuran dengan peringkat di atas Amerika dan  negara-negara paling barat Eropa menurut index Heritage Fondation tentang kebebasan ekonomi. Negara-negara pengimpor barang-barang Kanada terbesar adalah Amerika Serikat, Inggris dan Jepang.


Beberapa tahun terakhir, pertumbuhan sektor manufaktur, sektor pertambangan dan sektor pelayanan Kanada telah mengubah negara ini dari yang sebagian besar menganut ekonomi pedesaan ke arah yang lebih maju dan industrial. Seperti negara Dunia Ketiga lainnya, perekonomian Kanada didominasi oleh industri jasa yang mempekerjakan tiga perempat dari banyaknya tenaga kerja yang ada di negara itu.
Melalui kerjasama NAFTA (North America Free Trade Area), integrasi ekonomi Kanada dengan Amerika Serikat telah meningkat secara signifikan. Kanada menikmati surplus perdagangan yang besar dengan Amerika Serikat, yang menyerap hampir 80% ekspor Canada setiap tahun. Canada adalah supplier energi asing yang terbesar bagi Amerika Serikat termasuk minyak, gas, uranium, dan tenaga listrik. Dengan sumber daya alam yang besar, tenaga kerja terampil dan pabrik-pabrik yang modern, Kanada telah menikmati pertumbuhan ekonomi yang solid, dan manajemen fiskal yang baik dengan menghasilkan anggaran belanja yang berimbang secara berturut-turut dari 1997 sampai 2007.

B.     Keuangan
Selama 40 tahun terakhir peran lembaga keuangan serta pentingnya sektor keuangan di Kanada mengalami pertumbuhan yang pesat. Contohnya saja kewajiban keuangan telah meningkat drastis terhadap PDB dan volume perdagangan. Sistem keuangan Kanada terdiri dari lembaga keuangan, seperti bank dan serikat kredit; pasar keuangan, dan sistem pembayaran. Hal itu merupakan penghubung dimana tabungan  dapat menjadi sebuah investasi. Sebuah sistem keuangan yang stabil sangat diperlukan karena  hal itu penting untuk  perekonomian Kanada.

Salah satu lembaga keuangan yang mengatur sistem keuangan di Kanada adalah Bank of Canada (BoC). BoC bukan merupakan bagian dari Departemen Pemerintah tetapi merupakan Departemen khusus yang merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah. Secara internal, BOC merupakan milik pemerintah (dibawah pengawasan dari menteri Keuangan). BoC mulai beroperasi pada tanggal 11 Maret 1935 setelah disahkan oleh UU BoC. BoC mulai beroperasi pada tanggal 11 Maret 1935 setelah disahkan oleh UU BoC. Saat terjadinya perang dunia kedua, BoC memegang peranan penting dalam mengatasi masalah keuangan di Kanada. Saat berakhirnya perang dunia kedua, BoC memegang peranan penting dalam mengatasi masalah keuangan di Kanada. Setelah perang usai, BoC diberi perintah untuk juga meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Kanada. BoC membuat sejumlah kebijakan yang mengacu pada kebijakan anti inflasi, dan sejak tahun 1980, target inflasi serendah mungkin merupakan prioritas utama dari BoC. Prinsip dari Bank of Canada seperti tertuang dalam UU Bank of Canada adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan keuangan di Kanada. BoC memiliki beberapa misi dalam menjalankan tugasnya, yaitu bertanggung jawab untuk menjaga angka inflasi tetap stabil dan serendah mungkin, menjaga nilai mata uang dan stabilitas keuangan dan melakukan manajemen efisiensi atas hutang dari pihak pemerintah dan swasta.

C.    Kependudukan
Penduduk asli Kanada ialah mereka yang pertama kali tinggal dan menetap di Kanada. Konstitusi tahun 1982 mengakui tiga golongan utama penduduk asli Kanada yaitu: bangsa pertama (Indian), Orang Inuit (Eskimo) yang merupakan kelompok-kelompok penduduk asli Kanada dan kelompok Metis yang muncul setelah periode kolonialisasi yang terjadi di Kanada.  Hingga tahun 2011 tercatat jumlah penduduk Canada mencapai 34,4 juta orang dimana penduduk tersebut terdiri dari 28% berasal dari Inggris, 23% berasal dari Perancis, 15% dari bagian negara Eropa yang lain, 6% dari Asia/Arab/Afrika, dan sisanya merupakan campuran dari bebagai negara di dunia.
Penduduk Kanada pada dasarnya menggunakan dua bahasa dalam kegiatan sehari-harinya yakni bahasa Inggris dan bahasa Perancis. Sebagian besar (75 persen) penduduk Kanada yang berbahasa Perancis tinggal di provinsi Quebec, terletak di bagian timur Kanada; namun masih banyak masyarakat yang berbicara bahasa Perancis dimana-mana. Berdasarkan sensus tahun 1991, Perancis adalah bahasa ibu dari 82 persen penduduk Quebec dan digunakan di rumah oleh 83 persen penduduk Quebec.
Meskipun merupakan negara terbesar kedua di dunia Kanada dalam luas wilayah, kepadatan penduduknya hanya 3,2 orang per-meter persegi dan merupakan luar biasa rendah jika dibandingkan dengan beberapa negara lainnya. Sekitar 80% persen orang-orang Kanada tinggal kurang lebih 200 Km dari Amerika Serikat. Bagian penduduk terpadat di Kanada ialah lembah danau-danau besar-sungai Saint Lawrence di timur.
Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa sistem perekonomian Kanada hampir sama dengan yang dianut oleh Amerika terutama dalam hal pasar, pola produksi dan standar kehidupan yang mapan. Kanada menganut sistem perekonomian campuran dan didominasi oleh industri jasa. Mengenai keuangan, sistem keuangan Kanada terdiri dari lembaga keuangan, seperti bank dan serikat kredit; pasar keuangan, dan sistem pembayaran. Salah satu lembaga keuangan Kanada ialah Bank of Canada yang merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah. Terakhir mengenai kependudukan, Kanada terdiri dari tiga penduduk asli yaitu bangsa pertama (Indian), Orang Inuit (Eskimo) dan kelompok Metis. Dalam kegiatan sehari-harinya sebagian besar penduduk Kanada menggunakan dwibahasa yakni Perancis dan Inggris.

Daftar Pustaka
“Canada”, dikutip dari <http://en.wikipedia.org/wiki/Canada> (diakses pada tanggal 28 Mei 2012)
“Perekonomian Kanada”, dikutip dari <http://www.englishland.or.id/TOEFL/10c-perekonomian_kanada.htm> (diakses pada tanggal 28 Mei 2012)
“Bank of Canada”,  dikutip dari <http://belajarforex.com/institusi-keuangan-dunia/mengenai-bank-of-canada.html> (diakses pada tanggal 28 Mei 2012)
“Financial System”, dikutip dari <http://www.bankofcanada.ca/financial-system/> (diakses pada tanggal 28 Mei 2012)

4 komentar: